5 Kamera Mirrorless di Bawah 5 Juta untuk Pemula

Wednesday, January 24th 2018. | Techno

Tren penggunaan kamera mirrorless kian hari kian meningkat. Terbukti kini banyak anak muda yang mengandalkan kamera mirrorless untuk mendapatkan foto terbaik dan mengunggahnya ke Instagram. Menurut data CIPA (Camera and Imaging Product Association) dari tahun 2009-2016, market share kamera mirrorless di dunia terus meningkat dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 hingga 13%, terutama di Asia.

Kamera mirrorless dijadikan pilihan karena beberapa alasan. Pertama, kamera mirrorless lebih ringan sehingga lebih ringkas dan lebih praktis jika dibawa untuk traveling atau jalan-jalan. Kedua, kamera mirrorless memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kamera SLR. Namun, meskipun harganya lebih murah dibandingkan kamera SLR, kualitas gambar kamera mirrorless disebut-sebut hampir dapat mengimbangi kualitas gambar kamera SLR.

Jadi, jika kamu termasuk seorang pemula yang ingin beralih dari kamera smartphone dan mulai menggunakan kamera mirrorless, ada beberapa kamera entry level pilihan yang bisa dijadikan referensi dengan harga kurang dari Rp 5 jutaan saja. Apalagi saat ini tersedia kredit elektronik lebih mudah dengan fasilitas kredit instan online melalui Kredivo yang dapat kamu cicil 3, 6, atau 12 bulan.

  1. Nikon 1 J5 Rp 4.310.000

Meskipun bisa dibilang terlambat mengeluarkan seri kamera mirrorless untuk entry level, usaha Nikon untuk menjaring fotografer pemula patut diapresiasi. Seri Nikon 1 J5 ini merupakan penyempurna dari seri sebelumnya Nikon 1 J4.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Nikon 1 J5 ini karena memiliki ukuran resolusi 21 MP jauh lebih besar dibandingkan dengan kamera mirrorless di kelasnya. Namun kendati demikian, sensornya masih menggunakan teknologi BSI-CMOS yang standar. Dengan berat kurang lebih sekitar 231 gram saja, kamera ini cukup ringan dan compact untuk traveling.

Selain itu, layar LCD Nikon juga sudah dilengkapi dengan fitur touch screen sehingga memudahkan pengoperasiannya tanpa harus menekan atau mengandalkan tombol-tombol yang ada. Dengan koneksi wireless, Nikon sudah bisa dioperasikan secara jarak jauh melalui smartphone. Kamera ini cukup andal untuk sport photography karena shutter speed-nya mampu menangkap gambar 1/16000 per detik.

  1. Canon EOS M10 Rp 4.600.000

Jika ingin memiliki kamera mirrorless yang pengoperasiannya mudah dan memilik banyak fitur berlimpah, rasanya sudah tepat jika kamu memilih kamera mirrorless seri EOS M10 dari Canon ini. Untuk kamera mirrorless, Canon cukup bisa menjadi pilihan tepat selain Sony dan Fujifilm yang lebih populer di kalangan fotografer pemula.

Meskipun resolusi nya hanya 18 MP, teknologinya sudah menggunakan sensor APS-C CMOS yang cukup bisa diandalkan dengan jajaran mirrorless Sony sekalipun. Salah satu alasan terbaik untuk membeli kamera adalah pertimbangan sensornya dibandingkan ukuran resolusinya, sehingga gambar yang dihasilkan pun lebih baik dan memberikan efek bokeh yang sempurna.

Canon M10 kerap juga digunakan sebagai kamera untuk merekam video. Dengan LCD yang dapat diputar sampai dengan 180 derajat memudahkan kamu untuk vlogging dengan kamera entry level ini. Terlebih sudah ada fitur face detection focusing yang akan membuat rekaman vlogging mampu berjalan tanpa hambatan.

3 . Sony Alpha A5000 – Rp 4.850.000

Soal merek dan layanan purna jual, kamu bisa mengandalkan kamera mirrorless Sony Alpha seri A5000. Meskipun bukan yang terbaru di kelasnya, namun kamera ini masih tetap diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Kamera entry level ini sudah dilengkapi dengan fitur wi-fi bulit-in yang makin memudahkan kamu untuk mengunggah hasil foto langsung saat itu juga ke sosial media dengan menggunakan koneksi wireless nan praktis.

Sony Alpha A5000 sudah memiliki layar LCD berukuran 3 inci yang bisa diputar sampai dengan 180 derajat hingga memudahkan kamu untuk selfie atau vlogging dengan kamera ini. Jajaran kamera Sony memang sudah terkenal dengan autofocus-nya yang lebih unggul dibandingkan dengan kamera sekelasnya, sehingga saat melakukan rekaman untuk vlogging pun sangat mudah mengoperasikannya tanpa harus repot mengatur lensa agar tetap fokus pada objeknya. Dengan sensor APS-C dan ukuran resolusi kamera 20.1 MP, Sony memang memberikan kualitas kamera mirrorless terbaik untuk para pemula.

Jika bujet belum cukup, kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit elektronik seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. Kamu bisa memilih metode cicilan dengan pilihan tenor 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Bunga yang dikenakan juga rendah dibandingkan perusahaan multi finansial sejenis yaitu hanya sebesar 2,95%. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce terpercaya di Indonesia seperti Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.id, dan lainnya. Pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansialmu dan pastikan kamu bisa membayar cicilan kamera mirrorless sekaligus dengan bunganya.

  1. Olympus PEN E-P3 – Rp 4.850.000

Jajaran kamera berikut memang kurang populer namun tetap memberikan hasil yang boleh diadu dengan kamera mirrorless entry level di kelasnya. Salah satunya adalah Olympus PEN E-P3. Meskipun resolusinya hanya 12 MP, tapi sudah menggunakan Four Thirds CMOS Sensor yang membuat hasilnya lebih bagus. Apalagi kamera ini sudah menyematkan fitur sensor shift image stabilization yang tidak ditawarkan oleh kamera lain di kelasnya.

Olympus PEN E-P3 ini sangat cocok bagi kamu yang memang sangat suka dengan tema street photography yang juga sudah dilengkapi dengan face detection focusing dan live view. Selain itu juga kamera ini bisa diandalkan untuk merekam video dengan sangat mudah.

  1. Panasonic Lumix DMC-GF7 Rp 4.999.000

Beberapa vlogger menyarankan untuk menggunakan kamera ini jika memang kamu ingin lebih fokus membuat konten video. Selain sudah memiliki layar yang bisa diputar 180 derajat, kamera ini juga memiliki kualitas video yang sangat jernih untuk kelas kamera entry level.

Dengan berat kurang lebih hanya sekitar 266 gram saja, kamera mirrorless ini sangat compact untuk dibawa traveling. Terlebih, kamera ini mudah dioperasikan secara jarak jauh dengan sambungan wireless dari smartphone sekalipun.

Itulah beberapa jajaran kamera mirrorless terbaik yang bisa kamu pertimbangkan dengan bujet kurang dari Rp 5 jutaan saja. Jika kamu sudah berusia 18 tahun ke atas dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan dan memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta ke atas, maka kamu bisa kredit elektronik salah satu kamera mirrorless terbaik pilihan kamu dengan memanfaatkan fasilitas cicilan dari Kredivo.

tags: ,