Catatan Penting Tentang Niat Zakat Fitrah dan Artinya

0 22

Zakat fitrah yang dikeluarkan setiap tahunnya selalu mempunyai tujuan yang sama yaitu mensucikan diri, pembersihan jiwa dari dosa-dosa yang telah dilakukan. dalam berzakat tentu ada rukun dan syarat sahnya mengeluarkan zakat. Seperti adanya pembacaan niat, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai hal tersebut. Ada yang mengatakan niat itu wajib dibacakan karena merupakan syarat sahnya berzakat. Tetapi ada pendapat lain yang mengatakan bahwa niat itu hanya ada dihati tidak perlu dibacakan secara lisan dan lantang.

Dari pendapat diatas tidak bisa disimpulkan mana yang salah ataupun mana yang benar. Semuanya mempunyai pedoman yang menguatkan alasan mereka untuk berbicara mengenai pendapat tersebut. perbedaan-perbedaan pendapat tersebut akhirnya dapat ditarik kesimpulan mengenai catatan penting yang harus diperhatikan tentang niat zakat fitrah dan artinya. Lalu hal penting apa saja itu:

  • Hukum berniat saat mengeluarkan zakat.

Seperti yang telah dibahas sedikit diatas yaitu adanya niat zakat. Banyak ulama yang memperdebatkan hal tersebut. sebagai syarat sah yang telah ditentukan jadi harus ada niat tersebut. jika tidak dibacakan sepertinya tidak sah. Lalu ada ulama yang memberikan contoh kasus bagi yang membayar zakat tetapi diwakilkan. Jadi zakat orang lain bisa dilaksanakan meskipun yang memberi zakat itu tidak mengetahuinya sehingga muzakki tersebut tidak membacakan niatnya. Beliau, ulama tersebut menambahkan zakat itu ibarat hutang jadi tidak harus ada niatan lisan dalam pembayarannya. Sang ulama juga menambahkan mengenai beberapa potongan ayat yang menjelaskan mengenai hal tersebut. Terlepas dari perbedaan pandangan tersebut yang paling penting itu niat dari dalam hati keikhlasan karena Allah SWT. Berarti itu semua tergantung kepercayaan masing-masing umat.

  • Kapan niat berzakat muncul.

Seseorang dapat memunculkan niat itu saat orang tersebut akan melaksanakan zakat tetapi boleh juga munculkan jauh hari sebelum menunaikan zakat.

  • Niat yang telat.

Ketika seseorang melaksanakan zakat hartanya tanpa adanya keinginan untuk membayar zakat lalu setelah zakat tersebut telah diserahkan barulah tersadar. Hal seperti itu sebaiknya dihindari karena dalam melaksanakan sesuatu yang menjadi dasarnya yaitu niat. Baik dari dalam hati maupun lisan lebih baiknya diadakan niat di awal sebelum melaksanakan atau saat melaksanakan. Karena niat adalah syarat sah pada pelaksanaan zakat fitrah.

  • Membayarkan zakat anak kecil.

Karena zakat pada dasarnya yaitu wajib bagi setiap orang jadi anak kecil yang belum mengetahuinya pun berkewajiban. Itu dapat dibayarkan melalui wali yang mewakilinya.

Itulah beberapa hal penting dalam pelaksanaan pembayaran zakat fitrah. Tidak perlu dipusingkan dengan semua atas perbedaan-perbedaan pendapat ulama satu dengan yang lain. Lakukan yang menurut Anda yakin benar dan telah ada pedoman dalam aturannya. Semuanya untuk kebaikan bersama umat muslim.

Category: LifestyleTags:
No Response

Leave a reply "Catatan Penting Tentang Niat Zakat Fitrah dan Artinya"