Gangguan Mesin Mobil Ini Berisiko Menimbulkan Bau Tak Sedap

Thursday, July 27th 2017. | Lifestyle

Agar bisa merawat mobil secara maksimal, kita memang tak boleh berhenti belajar. Banyak sekali gangguan mobil yang berisiko menimbulkan kerusakan serius. Sehingga kita mesti menanganinya dengan cermat.

Salah satu tanda yang menunjukkan kerusakan komponen mobil adalah timbulnya bau tak sedap pada kabin mobil. Hati-hati bila menemukan beberapa jenis bau ini. Bisa jadi bau tersebut menandakan bahwa mobil kita sedang butuh penanganan serius :

Kebocoran Oli dan Overheat

Kebocoran oli atau mobil yang overheat bisa menimbulkan bau terbakar pada kabin mobil. Selain kedua penyebab tersebut, ternyata bau terbakar juga bisa disebabkan oleh v-belt terbakar atau rem tangan yang aktif ketika mobil sedang berjalan.

Evaporator AC Berjamur

Evaporator AC yang berjamur bisa mengakibatkan terciumnya bau apek pada kabin mobil. Kita mesti segera memeriksa seluruh komponen AC bila bau apek muncul. Air AC yang bocor pada karpet mobil juga dapat mengakibatkan bau apek yang mengganggu.

Kerusakan Catalytic Converter

Komponen catalytic converter yang rusak membuat emisi hidrogen sulfida pada knalpot tidak dapat difilter dengan baik. Akibatnya, converter akan mulai mengalami overheat dan menimbulkan bau tak sedap menyerupai telur busuk. Segera periksa komponen catalytic converter bila sudah mencium bau telur busuk yang menyengat.

Kebocoran Anti Freeze

Bila anti freeze pada AC mobil mulai bocor, kemungkinan besar kita bisa menghirup bau manis. Jangan langsung senang mencium bau manis bila kita sedang tidak membawa barang-barang yang berkaitan dengan bau tersebut. Sebab, kebocoran anti freeze berisiko menimbulkan iritasi mata dan mengganggu sistem pernapasan.

Tutup Tangki Bahan Bakar yang Kendor

Tutup tangki bahan bakar yang kendor berisiko membuat bau bahan bakar tercium dengan jelas sampai kabin mobil. Selain itu, bau bahan bakar juga bisa terjadi akibat kebocoran sistem evaporasi gas buang. Alangkah lebih baik bila kita lekas memeriksa sistem bahan bakar mobil saat bau bahan bakar mulai menyengat.

 

Demi melindungi keselamatan perjalanan dan kualitas mobil, sebaiknya kita segera mengurus kepemilikan asuransi mobil. Pilihan asuransi mobil terlengkap di Futuready membuat kita tak repot lagi membandingkan produk asuransi di tempat lain. Bersama broker asuransi online terpercaya yang satu ini, proses mengurus asuransi dan ketentuan lainnya memang jadi semakin praktis. Futuready, solusi modern bagi kepemilikan asuransi yang kita butuhkan.

tags: ,