Inilah 3 Mahkota Terberat Khas Pernikahan Adat yang Ada di Indonesia

Thursday, June 18th 2020. | Lifestyle

Budaya serta tradisi yang ada di Indonesia memang sangat beragam. Keberagaman ini pun juga berimbas pada proses pernikahan yang juga berbeda-beda antar masing-masing pemilik kebudayaan yang ada di Indonesia.

Baju Pengantin AdatMenariknya, setiap baju adat pernikahan yang ada di Indonesia memiliki mahkota yang sering dikenakan oleh mempelai wanitanya. Dimana hal ini merupakan cerminan dari budaya masing-masing. Dan berikut merupakan 3 mahkota terberat khas Pernikahan Adat yang ada di Indonesia yang dikutip dari Genpi.co :

1. Adat Bali Agung

Untuk diketahui bahwa baju adat Bali Agung yang dikenakan oleh mempelai wanita memiliki mahkota yang beratnya adalah 3,5 kg. Dimana mahkota terdiri atas hiasan bunga sandat yang memiliki warna emas dengan jumlah yang tidak sedikit. Hiasan bunga ini sendiri ditata langsung pada rambut. Jumlahnya pun bisa mencapai ratusan tusuk bunga Sandat.

2. Siger Lampung

Mahkota yang dikenakan oleh mempelai wanita baju adat Siger Lampung juga dikenal cukup berat. Dimana beratnya sendiri adalah lebih dari 3,5 kg hingga 4 kg. Dimana makna dari mahkota tersebut adalah perlambang kekuatan fiminitas yang tinggi.

3. Suntiang Padang

Mahkota mempelai wanita dalam baju adat Suntiang PAdang memang bisa disebut sebagai juara mahkota terberat di Indonesia. Hal ini dikarenakan berat mahkotanya mencapai 6kg. Suntiang merupakan pakaian wajib yang digunakan oleh mempelai wanita di Padang. Suntiang sendiri mempunyai 11 lapisan oleh karenanya tak heran jika hal ini berat.

tags: ,