Inilah 5 cara Mengatasi Masalah yang Sering Muncul di Smartphone Android

Friday, February 14th 2020. | Techno

Smartphone seringkali mengalami masalah pada sistem IC CPU nya. Jika demikian halnya maka silahkan baca artikel http://www.zevaldoemaragogipe.com/begini-cara-deteksi-kerusakan-ic-cpu-dengan-power-supply-hp/ untuk tutorial mendetksinya. Akan tetapi jika masalah yang hadir bukan dari sisi Hardwarenya atau yang bermasalah adalah softwarenya, maka anda akan lebih baik membaca uraian di bawah ini.

Dimana banyak smartphone yang fungsinya tidak berjalan secara maksimal. Sebt saja misalnya aplikasi yang tidak bisa dibuka, lambat, koneksi yang tak kunjung terkoneksi. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut uraiannya yang kami kuti[p dari Tech Rader.

Bersihkan Cache Aplikasi

Aplikasi tidak berjalan dengan semestinya atau bisa jadi force close atau menutup tiba-tiba. Atau bisa jadi juga seperti aplikasi tidak bisa diakses. Untuyk hal ini anda bisa menutupnya secara langsung dengan mengakses recent apps. Hal ini bisa jadi adalah solusi paling cepat. Namun jika hal ini tidak berdampak signifikan, maka cara lainnya adalah menghapus cache aplikasi tersebut.

Adapun cara menghapus cache aplikasi adalah dengan mengakses menu setting, lalu apps dan buka aplikasi yang bermasalah kemudian clear cache. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus data dengan memilih clear data dimana jika hal ini dilakukan, maka anda akan menemui aplikasi seperti kondisi saat pertama kali diinstall.

Konseksi Bermasalah

Smartphone android memiliki beragam jenis koneksi. Sebut saja diantarnaya adalah jaringan data, wifi, bluetooth, dan lainnya. Akan tetapi, dalam beberapa kondisi bisa jadi ada beberapa koneksi yang tidak berjalan. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa detik dan kemudian mematikannya.

Jika, hal ini tidak berjalan lancar maka anda pun bisa melakukan reboot atua restart smartphone anda. Umumnya cara ini cukup efektif mengatasi masalah tersebut.

Setel Ulang Ponsel

Jika restart tidak berpengaruh pada masalah di android, maka cara lainnya adalah dengan melakukan setel ulang atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Dalam melakukanya tentu berbeda-beda tergantung pada jenis ponsel yang digunakan dan pastikan anda masih punya manual booknya.

Cek Penggunaan Baterai

Ponsel android umumnya punya masalah pada baterai yang cepat habis. cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengakses setting lalu battery. Kemudian lihatlah aplikasi berjalan yang paling banyak menghabiskan baterai anda. Akan tetapi, tidak semua aplikasi berjalan tersebut bisa dimatikan karena memang ada sistem android yang juga berjalan dan menggunakan baterai.

Hapus dan Download Ulang Aplikasi

Jika memang aplikasi yang anda gunakan memang tidak berjalan dengan maksimal, maka anda dapat menghapusnya kemudian mendownload ulang. Diharapkan dengan cara ini bisa mengatasi aplikasi yang force close dan lain sebagainya.

Demikian adalah cara mengatasi berbagai masalah yang seringkali muncul pada ponsel Android. Semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah yang mungkin muncul di smartphone android anda.

Akan tetapi, rincian di atas hanya untuk mengatasi masalah yang muncul karena sistem software saja. Bukan untuk permasalahan hardware. Jika memang masalah yang muncul di smartphone anda dikarenakan sistem hardwarenya maka cara paling tepat adalah mengunjungi jasa reparasi ponsel di kota anda.

tags: ,