Ketahui Alasan Mengapa Bayi Perlu Gunakan Celemek Ketika Makan

Tuesday, January 9th 2018. | Lifestyle

Bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan si kecil merupakan kesempatan dan suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Tak terkecuali ketika moment si kecil usia diatas 10 bulan. Pada saat itu si kecil sudah mulai belajar untuk makan makananya sendiri. Anak akan belajar untuk menggenggam manakannya atau mulai belajar memegang sendok untuk makan. Namun, karena masih kecil maka ia tidak bisa makan dengan baik dan ada banyak noda makanan ketika si kecil makan.

Namanya saja masih kecil, sebenarnya menjadi hal yang wajar jika makanan banyak yang terbuang dan jatuh. Maka dari itulah sekarang ini banyak ibu yang sering menggunakan anaknya celemek untuk makan. Celemek adalah perlengkapan makan bayi yang digunakan untuk melindungi baju dari noda ketika si kecil belajar makan. Namun sayangnya, tidak semua bunda berpikir demikian. Si kecil yang harusnya didampingi ketika belajar makan sendiri malah dicegah untuk belajar makan sendiri karena takut baju kotor atau takut noda sisa makanan berceceran kemana-mana.

Celemek bayi mothercare tersedia dengan berbagai motif dan warna yang unik yang pasti tepat untuk si kecil belajar makan sendiri.

Fungsi dan manfaat dari celemek sendiri adalah sebagai media yang membantu anak untuk bisa belajar makan sendiri meskipun belum bisa sepenuhnya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai fungsi celemek bagi bayi ketika belajar makan sendiri.

  • Melindungi Baju dari Noda

Melatih si kecil untuk bisa makan sendiri adalah hal yang wajib ya bunda.. karena dengan melatih anak makan sendiri sama saja bunda melatih kemandirian anak terutama untuk kebutuhan pribadinya seperti makan. Nah, agar anak bisa belajar makan sendiri dan bunda tidak khawatir baju si kecil terkena noda maka bunda bisa berikan celemek khusus anak ketika si kecil belajat makan. Bunda bisa gunakan celemek dengan berbagai bentuk asalkan menutupi baju agar tidak kena noda dari sisa makanan anak.

  • Menyeka Wajah

Membiarkan si kecil belajar makan sendiri maka sama saja bunda melatih kemampuan psikomotoriknya yang tentu sedang tumbuh dan berkembang dalam diri si kecil. Nah, selain untuk melindungi baju dari noda sisa makanan, celemek juga bisa berfungsi untuk menyeka wajah si kecil ketika anak belepotan saat sedang makan. Celemek ini juga menghemat penggunaan tisu yang biasanya digunakan untuk membersihkan noda-noda makanan si kecil. Anda bisa pilih celemek yang memiliki bahan halus sehingga ketika digunakan untuk menyeka, tidak melukai kulit bayi.

  • Motivasi Makan Sendiri

Nah, untuk fungsi dan manfaat yang satu ini termasuk fungsi yang jarang bunda sadari. Menggunakan celemek ketika akan makan sangat memotivasi anak untuk mau makan sendiri. Apalagi jika bunda memberikan celemek bayi dengan bentuk, warna dan motif yang lucu dan menarik sesuai dengan kesukaan si kecil. Hal ini akan mendorong si kecil untuk bersemangat makan dan belajar makan sendiri.

Ulasan di atas adalah fungsi dan manfaat celemek bayi ketika si kecil belajar makan. Celemek bayi merupakan salah satu peralatan makan bayi yang selain untuk fungsi di atas juga digunakan untuk menjaga kebersihan si kecil. Seperti yang diketahui, anak sering kali tidak peduli akan kebersihannya ketika makan, nah disinilahlah fungsi dan manfaat dari celemek bayi. Terimakasih.

tags: ,