Kompetisi ISL 2017 Berganti Nama Menjadi Liga 1

0 188

Tahun ini kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air akan segera digulirkan kembali dengan format dan nama baru. Dimana tahun ini dipastikan tidak akan lagi dipakai nama Indonesia Super League, tapi sudah diganti dengan Liga 1. Hal ini tentunya juga akan diberlakukan untuk kompetisi atau liga yang berada di kasta dibawahnya. Dimana nantiya Divisi Utama akan diganti menjadi Liga 2, dan Liga Nusantara akan berganti nama menjadi Liga 3.

“Betul, nama ISL, Divisi Utama, dan Liga Nusantara, sudah tidak dipakai lagi. Itu sudah diputuskan dalam Kongres PSSI di Bandung kemarin,” ujar Sekjen PSSI, Ade Wellington, di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk nama (kompetisi) kami akan memakai Liga 1 (sebelumnya ISL), Liga 2 (sebelumnya Divisi Utama), dan Liga 3 (sebelumnya Liga Nusantara),” lanjutnya.

Ditambahkan oleh Ade Wellington menyebutkan bahwa sama sekali tidak ada alasan khusus mengenai penggantian nama tersebut. Akan tetapi lebih kepada nama yang terdahulu terbilang sangat rumit untuk lidah orang Indonesia.

“Ya kami tidak mau rumit saja soal nama. Ada Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, kemudian Liga Nusantara. Akhirnya kami sederhanakan menjadi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3,” ucapnya.

Kemudian untuk wasit nantinya, di kompetisi yang akan bergulir mulai Maret mendatang, pihak PSSI pun akan mulai mendatangkan sejumlah wasit asing. Dimana hal ini tentu untuk mengurangi adanya kecurangan dari pihak wasit.

“Ini sudah menjadi pembicaraan penting. Ada kemungkinan penggunaan wasit 10-15 persen untuk musim 2017,” tutur Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

“Ini bukan karena kami tak percaya dengan kinerja wasit lokal. Kita memang harus mengejar beberapa development yang sudah tertinggal,” tutupnya.

Sebelum nantinya akan secara resmi menggelar Liga 1 di tahun 2017 ini, pihak PSSI juga dipastikan akan menggelar turnamen pramusim yang akan digelar dengan nama Piala Presiden. Meski demikian belum diumumkan secara pasti mengenai siapa yang nantinya akan menjadi operator pertandingan.

Category: SportsTags:
No Response

Leave a reply "Kompetisi ISL 2017 Berganti Nama Menjadi Liga 1"