Memilih Bank yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Dana

Monday, November 18th 2019. | Bussiness

Memilih bank yang tepat merupakan salah satu langkah yang sangat penting untuk sebuah langkah pinjaman dana untuk mendapatkan keuntungan bagi kita semua. Setidaknya anda harus mengetahui bank mana yang tepat untuk dipilih sebagai tempat untuk kita mengajukan pinjaman dana tersebut.

Ada banyak bank yang memberikan beragam produk kredit mereka baik itu tanpa agunan atau KTA atau yang menggunakan agunan. Mulai dari bak nasional hingga bank internasional seperti HSBC. Setidaknya mereka menawarkan produk yang mereka anggap menguntungkan bagi kita, namun yang mana yang cocok untuk anda pilih diberikan kembali kepada anda costumer mereka. Oleh sebab itu, sebelum anda mengambil keputusan penting anda dalam melakukan pinjmana dana maka anda harus terlebih dahulu memperhatikan berbagai hal berikut ini. Berikut rinciannya :

1. Kredibilitas Bank

Mengenali bak yang akan kita tuju untuk mengajukan pinjaman dana tentunya merupakan langkah paling penting dari setiap langkah yang harus kita ketahui. Setidaknya yang harus diperhatikan adalah tingkat trust kepada bank tersebut.

Dimana hal yang paling mudah dalam langkah ini adalah mengenali reputasi bank tersebut tentunya. Adapun ukuran yang bisa dilakukan adalah mengetahui seberapa banyak nasabah dari bank tersebut. Kemudian seberapa bagus kualitas layanan prima yang diberikan pihak kantor pusat kepada kantor cabang mereka yang pastinya tersebar di berbagai daerah.

Mengetahui kredibilitas bank menjadi langkah pertama dalam memilih bank yang tepat bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan tentunya juga keamanan sekaligus juga kepastian permohonan pinjaman dana anda diterima atau tidak nantinya.

2. Bunga Pinjaman

Besaran bunga yang diberikan oleh pihak bank untuk besaran pinjaman yang akan kita ambil tentunya juga perlu menjadi perhatian. Setidaknya hal ini nantinya akan berimplikasi pada besaran dana angsuran yang nantinya akan kita keluarkan dalam melunasi besaran pinjaman dana yang kita nantinya ajukan.

Bunga yang paling rendah sudah otomatis akan membuat kita lebih diuntungkan, pasalnya akan membuat iuran dana yang kita harus keluarkan untuk pelunasan juga akan sedikit berkurang. Sehingga proses pengaturan finansial kita akan lebih mudah karena memang nilai angsuran yang kita keluarkan juga akan jadi rendah pula.

Akan tetapi, jangan langsung tergiur dengan suku bunga yang rendah yang ditawarkan oleh pihak bank, karena memang anda harus teliti untuk masalah ini. Oleh sebab itu, anda bisa minta bantuan simulasi kepada pihak bank mengenai angsuran yang harus anda keluarkan nantinya. Sehingga anda sudah harus tahu berapa besaran yang anda harus keluarkan.

3. Limit Pinjaman

Limit atau batasan maksimal pinjaman sudah pasti anda dan diterapkan oleh pihak bank. Nah, dalam hal in sudah pasti anda harus memilih yang sesuai dengan jumlah pinjaman dana yang anda inginkan. Dimana hal ini pastinya akan berbeda dengan masing-masing bank itu sendiri.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Meski diletakkan di bagian keempat, namun anda sudah pasti harus mengetahui jangka waktu pinjaman anda harus anda selesaikan menjadi hal yang tentunya penting untuk anda ketahui agar nantinya anda juga bisa melakukan perencanaan yang tepat. Umumnya bank memberikan pilihan kepada calon debitur untuk memilih masa pelunasan yang tepat untuk mereka oleh karena itu anda juga harus punya perenanaan dalam hal ini.

Demikian adalah empat cara memilih bank yang tepat untuk anda bisa mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha anda. Pilih yang paling menguntungkan anda secara finansial maupun secara aturan yang mereka berlakukan. Semoga sukses.

tags: ,