Tips Mudah Introvert untuk Bisa Bersosialisasi dengan Mudah

Thursday, June 11th 2020. | Lifestyle

Orang yang memiliki sifat introvert umumnya akan jarang berkomunikasi. Meski tidak banyak yang menyadari, namun jarang berkomunikasi banyak merugikan diri sendiri. Dimana kurang komunikasi ini sendiri nantinya akan berdampak mengecilkan kesempatan kita untuk membangun jaringan yang bisa membawa manfaat bagi karier dan juga bisnis.

introvert santunNamun, perlu juga dipahami bahwa introvert itu sendiri merupakan pembawaan dari lahir oleh karena itu latihan adalah salah satu cara untuk bisa terhindar dari introvert dan mulailah berkomunikasi.

Salah satu keluar dari sikap introvert adalah dengan membiasakan menyapa orang-orang yang ada di sekitar kita. Meski dengan hanya sapaan sederhana maka orang-orang yang introvert bisa terbiasa dalam berinteraksi. Berikut adalah contoh sapaan sederhana.

  1. Ketika berbelanja di minimarket maka saat sedang berinteraksi dengan mereka usahakan menyapa mereka.
  2. Ketika berada di restoran maka pastikan anda menanyakan perihal menu yang pelayan rekomendasikan untuk anda.
  3. Ketika bertemu ojol, maka sapalah abang ojol tersebut ketika kamu dijemput.

Semua sapaan sederhana ini dinamakan dengan habituation atau pembiasaan. Idenya berawal dari filosopi tentang, “semakin sering kita melakukan sesuatu maka hal itu akan semakin tidak menakutkan”.

Dimana latihan ini bisa dilakukan oleh anda dimana saja dengan menyapa siapa saja tentunya. Pada dasarnya hal ini merupakan hal yang banyak dianggap sebaga basa basi belaka. Namun, perlu diketahui bahwa adab orang timur adalah rama tamah dan hal ini adalah sesuatu yang biasa saja.

Ramah tamah dengan belajar tegur sapa ini bahkan akan memberikan bonus bagi para introvert. Dimana hal ini akan membuat mereka terbiasa dengan interaksi dan membangun citra mereka sebagai orang yang santun dan semua orang menyukai santun.

Jad tidak ada masalah bukan? Selamat mencoba.

tags: ,