Tips Sehat Singkirkan Badmood Saat Bangun Tidur Pagi Ini

Monday, September 2nd 2019. | Lifestyle

Beberapa orang kerap kali mengalami perubahan mood dari baik menjadi lebih buruk ketika baru bangun tidur. Mood buruk yang terjadi pada pagi hari ini sendiri bisa berdampak pada hari yang kurang baik dan bisa jadi akan berdampak pada kurang produktifnya anda.

Perasaan bete sendiri erat hubungannya dengan fase sleep inertia. Dimana menurut Huffington Post, Sleep Inertia sendiri adalah periode peralihan dari rasa pening yang biasanya terjadi selama kurang lebih 20 menit setelah anda terbangun dari tidur anda. Namun dalam beberapa keadaan bisa jadi akan lebih lama.

“Proses bangun tidur itu lambat, tidak seperti tombol lampu, lebih lambat (dari itu). Rasa ini tidak menyenangnkan, namun bukan berarti mengindikasikan seseorang tidurnya tidak bagus,” terang Allison G Harvey, PhD, profesor psikologi di University of California.

Meski banyak kasus menyebutkan bahwa badmood bisa terjadi karena waktu tidur yang kurang dari cukup. Namun, beberapa alasan seperti adanya sikap buruk yang terjadi hari itu atau sebut saja ada kejadian yang tidak menyenangkan adalah hal yang bisa membuat anda bisa badmood ketika anda bangun tidur.

Nah, agar harimu tidak menjadi rusak karena badmood ini, maka ahli kebahagiaan yang bernama Gretchen Rubin membuat sebuah buku yang diberi judul The Happiness Project. Dimana dalam buku tersebut dirinya menyarankan agar menambahkan sedikit hal-hal yang kamu sukai di dalam kegiatan keseharianmu.

Sebagai contoh misalnya adalah berangkat lebih pagi agar pekerjaanmu yang masih tersisa bisa segera diselesaikan atau bisa juga dengan mengobrol dengan partner atau rekan terbaikmu untuk mengawali pekerjaanmu. Jangan langsung mengebut pekerjaanmu, karena dirimu pada dasarnya butuh waktu untuk bisa membiasakan dirimu dalam pekerjaan yang bisa jadi akan membuat stress.

Kemudian untuk membuat mood tidak lebih buruk, anda bisa memulai bangun pagi anda dengan membuka jendela atau pintu untuk memberikan celah bagi udara pagi atau sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Kemudian berjalan ringan setidaknya 30-60 menit di luar rumah atau ruangan kamar yang terkena cahaya paling terang.

Setelah itu barulah anda membuat pekerjaan yang lebih ringan misalnya membereskan pekerjaan rumah seperti merapikan tempat tidur, menyapu dan menyiapkan sarapan. Kemudian prioritaskan untuk melakukan kontak sosial. Ada lagi Prof Harvey yang menyarankan agar anda memimum Kopi agar bisa melawan fase sleep inertia tersebut.

Namun dari sekian banyak tips tersebut, para ahli juga menyebutkan bahwa hal yang paling penting adalah membuat waktu tidur anda menjadi cukup dan jangan sampai kurang. Kemudian buatlah alasan mengapa anda harus bangun lebih pagi dan tidak bermalas-malasan setelah terbangun. Bangun dari tempat tidur serta bergeraklah maka mood buruk pun akan segera pergi.

tags: ,